Thursday, October 05, 2006

Inikah PT. KA Beberapa Tahun Yang Akan Datang?

Perhatikan berita ini...

Kamis, 05/10/2006 11:38 WIB
Tergusur Busway Koridor V & VII, 2.704 Mikrolet Mogok Massal.
2.704 Mikrolet yang berhubungan dengan rute busway koridor V (Kampung Melayu-Ancol) dan VII (Kampung Rambutan-Kampung Melayu) melakukan mogok massal.

Dan benak langsung melangkah sekian tahun ke depan saat kompetitor swasta mulai dibukakan pintu untuk merambah layanan KA. Hmmm.. Inikah gambaran yang akan terjadi dengan PT. KA dan para karyawannya?

Untuk PT. KA YTH, bukankah semua ini bisa diperkirakan dan predictable dari sejak sekian tahun lalu? Bukankah lebih baik perbaikan kwalitas layanan, SDM, sarana dan prasarana di-akselerasi momentumnya agar sudah siap bersaing pada saatnya nanti? Ataukah masih
terus nyaman dengan berbagai klise dan alasan pen-justifikasi berbagai kesalahan dan pelanggaran dalam kerangka layanan publik berkwalitas?
Kalau yang terakhir menjadi alasan, siapkah PT. KA YTH saat kejadian diatas tiba?



Pendapat pribadi penulis..
Persaingan bisnis secara sehat dan kompetitif akan melahirkan banyak keuntungan bagi konsumen. Perhatikan harga dan kwalitas layanan GSM saat ini bila dibanding dengan sekian tahun lalu saat membeli Kartu Perdana saja harus merogoh 300 sampai 400 ribu rupiah. Maksudnya kalau memang ingin mendapat konsumen, berikanlah hak konsumen dengan selayaknya. Janganlah operator merasa bisa memperlakukan konsumen seenaknya pada saat "menjadi Raja", kemudian berteriak-teriak minta perlindungan saat kompetitor menggilas.

Kenyataan di lapangan.. Berapa kali anda naik Angkutan Umum kemudian diperlakukan seenaknya oleh sang supir dan kondektur? Dipaksa berdesakan seperti sarden.. Diturunkan di tengah jalan.. Diajak menghabiskan waktu menemani mereka "ngetem" (berhenti menunggu penumpang lain).. Atau berbagai kisah menyedihkan lainnya..

So sudah waktunya konsumen mendapatkan apa yang menjadi haknya. Dan busway seharusnya bukan sebuah ancaman bila para operator Mikrolet tersebut menghargai para penumpangnya dengan layanan berkwalitas. Betul? Atau masih mau sibuk mencari alasan lain?

*disarikan dari berita detikcom
**foto toraemon

FO

0 Comments:

Post a Comment

<< Home


Counter