Friday, September 01, 2006

F1 - Masihkah ada peluang untuk Michael Schumacher?

F-1 Grand Prix tinggal menyisakan 4 sirkuit; Monza (10/09), Shanghai (01/10), Suzuka (08/10) dan Interlagos (22/10). Di puncak klasemen Fernando Alonso dan Michael Schumacher seakan bertarung sendirian untuk gelar Juara Dunia dengan selisih 12 poin. Pertarungan ini juga mewakili pertarungan untuk Juara Dunia Konstruktor - antara Renault dan Ferarri, yang kini hanya berselisih 2 poin. Tentunya 4 sirkuit tersisa akan menjadi klimax sebuah musim yang cukup menegangkan - apalagi dengan munculnya nama baru di podium seperti Jensen Button dan Filippe Massa, serta terlemparnya J.P Montoya dari kursi McLaren.

Salah satu kunci hasil tahun ini adalah gagalnya Schummy melampaui Alonso di GP Turkey awal minggu ini. Dan cukup ironis bahwa faktor dominan kegagalan ini adalah "kesalahan taktik pit" yang harus dilakukan duo Ferrari pada saat Race Steward memutuskan Safety Car harus keluar setelah mobil Liuzzi berhenti dalam posisi membahayakan di tikungan pertama. Padahal taktik biasanya menjadi faktor penentu kemenangan Ferrari - seperti pada 3 GP terakhir sebelum Hungaria.



Keluarnya Safety Car memaksa Schumacher masuk ke pit dan antri di belakang Massa yang masuk lebih dulu, sementara Alonso yang saat itu di posisi ke-3 dengan presisi pit crew yang bekerja apik dapat menyelesaikan pit stopnya dan keluar lebih dahulu daripada Schummy. Apalagi kemudian performance Ferrari Schumacher sangat mengecewakan setelah pit-stop tersebut yang mengakibatkannya tertinggal cukup jauh dari Alonso.

Massa sendiri begitu stabil performance-nya - setelah mendapatkan pole position pertamanya dalam kariernya, dan menjuarai GP Turkey ini dengan cukup nyaman - yang juga menjadi gelar juara pertamanya dalam F1 GP. Sementara Alonso - dengan Schummy yang sejak pitstop kedua terus menekan habis hingga tikungan terakhir, menjadi Juara ke-2 disusul oleh Schumacher di posisi ke-3.

So siapakah jagoan anda? Pastinya, hasil tahun ini akan mempengaruhi keputusan sang Legenda - Michael Schumacher, akan nasib kariernya di tahun 2007. Pensiun atau tidak..

Apakah Monza akan seseru 2 GP terakhir (dengan GP Hungaria yang juga sangat menegangkan..)?
Kita tunggu!

PS; Thank you for f1live for the picture..

0 Comments:

Post a Comment

<< Home


Counter